Pensiun, FIFA dan AFC Beri Ucapan Khusus Pada Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas

Berita Bola Indonesia – Bambang Pamungkas memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepakbola Indonesia yang sudah membesarkan namanya. Pesepakbola Indonesia ini sudah menjalani karier selama 20 tahun.

Bambang Pamungkas resmi mundur dari dunia sepakbola pada Selasa (17/12/2019). Bepe, nama akrabnya melaksanakan laga pamungkasnya ketika Macan Kemayoran gagal melawan Persebaya dengan skor 1-2 dalam laga yang dihelat di Stadion Gelora Bung Karno.

Dalam laga itu, pesepakbola Indonesia ini memperoleh sambutan meriah dari para The Jakmania yang menyaksikan langsung laga terakhirnya di stadion. Selain itu, ucapan semangat dan cinta diterima Bepe, mulai dari rekan sesama pemain sampai klub yang pernah dia perkuat.

Salah satunya adalah klub yang memberikan ucapan pada Bambang Pamungkas yakni Selangor FA. Klub sepakbola dari Malaysia tersebut bahkan mengatakan jika Bepe merupakan legenda hidup dari dunia sepakbola Indonesia.

Selain dari para pemain dan klub, PSSI yang menjadi organisasi sepak bola tertinggi di Indonesia juga memberikan ucapan pada suami tercinta Tribuana Tungga Dewi tersebut. Dalam postingan pada akun Twitter resmi mereka, pihak PSSI menuliskan ucapan terima kasih dan selamat atas semua prestasi yang dia dapatkan.

“Selamat atas karier luar biasa dan mengesankan, Bambang Pamungkas!,” tulis PSSI.

Selain dari dalam negeri, ternyata kabar Bambang Pamungkas pensiun juga mendapat perhatian dari pihak Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA. Dari akun twitter FIFA World Cup, organisasi sepak bola dunia tersebut mengucapkan selamat dengan postingan foto Bepe memakai jersey timnas bernomor punggung 20 tersebut.

“Selamat dengan karier yang mengesankan @bepe20. Pemain yang memiliki performa dan penampilan paling banyak di Timnas Indonesia dan kini sudah pensiun @PSSI dan @Persija_Jkt,” tulis pihak FIFA itu.

Tulisan dari akun FIFA World Cup itu kemudian diserbu netizen dan memperoleh respon positif. Banyak yang mengaku bangga dengan ucapan yang diunggah pihak FIFA pada Bepe.

AFC juga ikut merilis pengumuman terkait Bambang Pamungkas pensiun. Pihak Federasi Sepak Bola Asia atau disingkat AFC juga tidak mau kalah. Mereka merilis postingan dalam Twitter resminya, yang menyebut jika Bepe merupakan legenda Persija dan juga dunia sepakbola Indonesia.

“Bambang Pamungkas merupakan legenda hidup dari Indonesia dan Persija Jakarta, dia memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola di tahun ini,” tulis AFC.

Bambang Pamungkas sendiri secara resmi mengumumkan gantung sepatu tepat pada umur 39 tahun atau setelah 20 tahun menjalani karier sebagai pesepak bola Indonesia yang profesional. Selamat untuk Bepe dan terima kasih!