Analisa Grup B Piala Dunia 2018

Analisa Grup B Piala Dunia 2018

Ketidak seimbangan terdapat di Grup B Piala Dunia 2018. Diprediksi Maroko dan Iran akan menjadi bulan-bulanan tim sekaliber Portugal dan Spanyol. 2 tim itu adalah tim Eropa yang jadi unggulan di turnamen akbar 4 tahunan ini.

Walau di ajang Piala Dunia 2014 kemarin Spanyol lebih cepat keluar usai gagal di grup penyisihan, tetapi kali ini dengan semangat yang lebih Tim Matador hadir ke Rusia. Di bawah asuhan Julen Lopetegui Argote, Spanyol telah mendapatkan kepercayaan diri yang sangat dibutuhkan dalam turnamen sekelas Piala Dunia.

Tak heran, kalau La Furia Roja jadi favorit di Piala Dunia 2018. Bersama klubnya masing-masing beberapa pemain bintang mereka perlihatkan performa yang meyakinkan.

Seperti David De Gea yang tengah nikmati musim yang hebat di Manchester United, seperti yang dilakukan David Silva di Manchester City. Lini pertahanan dengan campuran pemain Barcelona-Real Madrid (Daniel Carvajal, Gerard Pique, Sergio Ramos dan Jordi Alba) jadi pilihan utama di garis belakang Spanyol.

Sedangkan Portugal dengan status juara Eropa 2016 di Prancis berhasil langkahkan kaki menuju Rusia. Cristiano Ronaldo dan sekarang ini para rekannya dikatakan miliki kedalaman skuat yang oke.

Cristiano Ronaldo bukan satu-satunya harapan, pelatih kepala Fernando Santos juga menjadi juru taktik  yang dapat bikin banyak hal besar.

Keadaan yang berbeda dialami oleh 2 tim yang menempati Grup B lainnya, yaitu Maroko dan Iran. Maroko kembali ke panggung sepak bola paling besar di dunia ini usai 20 tahun lamanya, yaitu di Piala Dunia 1998 Prancis.

Ketika babak penyisihan kualifikasi Piala Dunia 2018 Mereka berada di urutan teratas grup, kebolehan Maroko sejatinya cuma berasal dari beberapa pemain saja. contohnya, pemain Juventus Mehdi Benatia yang menjadi kunci di belakang, dan juga pemain seperti Hakim Ziyech dan Nordin Amrabat.

Sama halnya dengan Iran. Iran merupakan debuyna di Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Faktor keberhasilan itu tentu merupakan upaya dari pelatih Carlos Quieroz yang dikenal dengan taktiknya yang cemerlang.

Tidak seperti para tim yang lain yang berada di Grup B Timnas Iran tak punya bintang. Dengan begitu, Iran bakal jadi tim underdog di grup ini. Namun, sangat menarik laga para tim favorit di Grup B melawan pertahanan solid yang sering kali disaksikan Iran di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Spanyol dan Portugal menjadi calon kuat untuk lolos ke babak 16 besar sebagai delegasi dari Grup B jika dilihat dari kualitas para pemain dan kedalaman skuat yang ada. Timnas Maroko dan Iran bukanlah lawan yang setara untuk tim itu.